April 16, 2010

Jeritan Anak Jalanan (I'm A Winner)

Aku terbangun dari kotor dan dinginnya bawah jembatan ini. Begitu juga dari suara-suara kendaraan bermotor yang silih berganti. Tapi ini sudah biasa bagiku. Ketika kubuka mata ini, pikiran dan perutku seakan mengerti. Saatnya kucari sesuap nasi. Menelusuri rimba rayanya kota, tertatih pada rintih kaki dan berpeluh pada guritan derita.

Kakiku terus melangkah, sementara perutku pun terus mendendangkan lagu keroncongnya. Kutilik dibalik rumah mewah itu. Bahagia sekali, mereka sarapan pagi bersama dengan makanan telah tersaji diatas meja. Sementara aku?? Berapa kilometer lagi harus kutempuh?? “Aku tak seberuntung mereka”.

Di teriknya matahari yang seakan ingin membakar kulitku, aku harus mengais rejeki. Di jalanan, di perempatan, di warung-warung, tak peduli betapa teriknya siang ini. Dengan lagu kudendangkan juga dengan tangan menengadah. Pengemis, pengamen, mungkin itu kata yang lebih tepat. Anak jalanan, anak terlantar, apapun kata mereka aku tak peduli. Buat aku yang terpenting adalah bagaimana menyambung nyawaku.

Kutengok di balik gedung itu. Nyamannya mereka, tidak kepanasan, duduk disana, mendapatkan pendidikan, mendapatkan teman pula. Inginnya aku bersekolah. Tapi uang dari mana? Bagaimana bisa? Kalaupun telah ada sekolah gratis, belum tentu yang lainnya gratis. Kalaupun aku sekolah, bagaimana aku bisa mencari sesuap nasi? Sekali lagi aku harus berkata, “Aku tak seberuntung mereka”.

Lalu ketika senja tiba. Kutahu hari kan gelap. Gelap pula harapanku, ku tahu malam ini aku harus tidur di emperan toko, di kolong langit, bahkan di kolong jembatan. Tanpa peduli apa yang akan terjadi nanti. Hujankah? Hemmm… hujan? Dinginnya malam adalah selimutku. Kardus bekas adalah kasurku. Tak ada bantal dan guling untukku.

Guling dan bantalku telah mati. Diambil Tuhan, bahkan disaat aku ingin merasakan hangatnya pelukan ibu. Yang tersisa hanyalah sebuah kenangan dan dingin yang menusuk kalbu. Sementara aku disini, anak-anak lain tidur menggunakan kasur, selimut tebal, bahkan hangatnya pelukan orang tua. Dan untuk kesekian kalinya, aku harus berkata “Aku tak seberuntung mereka” .

Ibu, ingin ku mengadu. Mereka bilang aku anak terlantar, mereka bilang aku anak jalan yang tak pantas jadi teman mereka. Mendekat saja mereka tak mau. Ibu…temanku hanya kepahitan hidup. Isak tangis kutahan, senyum palsu kuperlihatkan. Ingin kutunjukan ketegaran pada diriku, meskipun sebenarnya aku rapuh.




Miris… melihat mereka menapaki kepahitan hidup. Tak ada yang peduli, bahkan menganggapnya jijik. Fakir miskin dan anak terlantar di pelihara oleh Negara, jelas tertera dalam UUD 1945. Namun, faktanya tidak seperti itu. Mereka dipinggirkan oleh Negara, bahkan diliriknya saja tidak. Apa pemerintah lupa? Ataukah hanya berpura-pura?

Anak terlantar (anak jalanan) justru diperlihara oleh Babeh. Mereka mendapat perlakuan buruk, disodomi, tempat pelampiasan nafsu seksnya. Kejahatan terhadap anak-anak jalanan kerap terjadi. Dan pemerintah seakan-akan pura-pura, alih-alih memelihara anak terlantar, pemerintah malah memelihara para koruptor.

Harapanku untuk Indonesiaku adalah agar pemerintah benar-benar mencerna dan memahami redaksional dari pasal 34 ayat 1 UUD 45 yang berbunyi “ Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”. Agar mereka mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Artikel diatas pernah diikutkan dalam Kontes Blog Mimpiku Untukmu Indonesiaku dan berhasil menjadi Juara I. Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT dan juga pihak penyelenggara kontes Shandyisme. Tulisan ini ditulis kembali dengan harapan bisa menginspirasi kita untuk peduli terhadap anak jalanan.

83 comments:

Rock April 16, 2010 at 9:06 AM  

Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara...

♥ria♥ April 16, 2010 at 9:20 AM  

selamat yah ina ^____^
tulisan kamu itu memang bagus banget na cocok kalo kamu juara 1

ina April 16, 2010 at 9:23 AM  

@ Rock : yupz bener, tpi kag dirumah pelihara apa hayooo??? hihihihi

@ ria : makasih kag Ria :D

Chomisah Noer April 16, 2010 at 9:45 AM  

assalamu'alaikum

mba ina bagus sekali tulisannya tapi saynag jikalau pemerintahan kita itu ada satu posisi yang benra yaitu din islam niscaya Allah mmeberika kemakmuran dan tak ada rakyat jelata merana sengsara.

dan satu hal kita wajib BERSYUKUR JANGANPENRAH MENGELUH KARENA MEREKA ITU LEBIH SEDIH DAN SAKIT DARI PADA KITA....

dunia ini akan indah bila saling tolong menolong kepada sesama....
yang pasti jangan biarkan mereka putus asa.

Chomisah Noer April 16, 2010 at 9:51 AM  

Harapanku untuk Indonesiaku adalah agar pemerintah benar-benar mencerna dan memahami redaksional dari pasal 34 ayat 1 UUD 45 yang berbunyi “ Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”. Agar mereka mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

negara indonesia hanya bohong mereka mmebuat aturan sendiri tapi dilanggar sendiri bukan aturan Al-quran yang di patuhi mereka pemerintahan kita semuanya hanya beraga islam bukan bekerja dan bermsyrakat din islam.

pokonya jgn penrha percaya sama aturan para peemerintahan zaman sekrang degh .....

Chomisah Noer April 16, 2010 at 9:52 AM  

oH yah ada yang lupa satu kata selamat yah aku ikut senneg mbak

inge / cyber dreamer April 16, 2010 at 9:58 AM  

kereeeen...

dan memang pantas jadi juara 1

have a nice day dear

darahbiroe April 16, 2010 at 10:59 AM  

makasih yaw sudah mengingatkan
aku mungkin lebih beruntung dari mereka
smoga ajah aku termasuk hamba yang pandai2 bersyukur

antok April 16, 2010 at 11:01 AM  

kasihan banget klo ngeliadnya
tidur cuman beralaskan koran
hikz hikz
:(

gooo blog April 16, 2010 at 11:18 AM  

Negara kita memang parah Na....

Ironis menurutku...

aturan sepertinya nggak ada yang dijalanin.....

Rinda April 16, 2010 at 1:02 PM  

ia emang miris banget ya na,disaat pmrintah sibuk ngrusin gayus dll,anak2 yg krg bruntung jd sm s'x g dprhatiin,,, -___-

btw slamat y ina,,,buta jurinya kl tulisan ina g menang,,,^0^

Ferdinand April 16, 2010 at 1:04 PM  

Bener2 Miris ......... kayanya UUD mesti dirubah tuh klo ga bisa dilaksanain.....Soalnya sampe hari nie ga da perlindungan tuh buat mereka.....N Selamat atas Kemenangannya........

Seti@wan Dirgant@Ra April 16, 2010 at 1:17 PM  

dari sejak Awal membaca tulisan ini aku sudah yakin bakalan juara.

Seti@wan Dirgant@Ra April 16, 2010 at 1:18 PM  

Selamat yah In...
Semoga kreatifitas menulisnya semakin bertambah.

ika_SweetyOrange April 16, 2010 at 1:43 PM  

ya,,,sangat miris.. dan lebih miris lagi ketika 'babeh' yang menjadi tumpuan harapan pun menghancurkan harapan mereka... :(

Btw, slamat ya, Na..

secangkir teh dan sekerat roti April 16, 2010 at 3:32 PM  

bener kasian juga sih, tapi kan ada regulasi dari pemerintah (jogja) yang melarang memberika uang ke anjal...

tetembak April 16, 2010 at 4:10 PM  

wah.. rasanya mau nangis aja baca cerita ini... hiks.. bagus banget..Y_Y

it's my story April 16, 2010 at 4:33 PM  

makasih dah dipasang linknya..:D
artikelnya menyentuh banget... andaikan negara ini gak ada koruptor... nasib anak2 telantar akan lebih baik.. hiks... koruptor emank kejammm...

Anonymous,  April 16, 2010 at 5:12 PM  

In comprehensive people event their mount naively, as it were, without being able to order an work out of its contents; they have first to spur themselves at a gap from it - the adjacent, that is to prognosticate, must entertain become the finished - before it can earnings points of vantage from which to rule the prospective

attayaya April 16, 2010 at 5:29 PM  

wuiiih
tulisannya bagus
semoga menang ya mba

Johnson Manurung April 16, 2010 at 5:31 PM  

realita yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun ... andaisaja Pemerintah memiliki mata, telinga, hati .... mungkin dan mungkin .... tidak sebatas berandai-andai saja.

Business and financial services April 16, 2010 at 5:47 PM  

memang warga negara yg miskin masih menjadi dilema di negara kita....bantuan/perhatian dari pemerintah belum sepenuhnya optimal. masih memerlukan perjuangan yg panjang untuk mengangkat mereka dari jurang kemiskinan.

asep canda April 16, 2010 at 5:55 PM  

tapi di negara lain juga ada yang lebih parah dari negri kita...
mungkin hari esok bisa lebih baik negri tercinta indonesia

Osi April 16, 2010 at 6:41 PM  

Selamat deh buat adik mb yang satu ini....Ina pantes koq utk dapat hal ini, mungkin karena yang di tulis betul2 jeritan hati yg tulus dari Ina...

Anonymous,  April 16, 2010 at 9:10 PM  

The jiffy individual assuredly commits oneself, then economy protection moves too. All sorts of things turn up dawn on to expropriate one that would not ever if not eat occurred. A generally channel of events issues from the decision, raising in harmonious's favor all manner of surprising incidents and meetings and material backing, which no mortals could have in the offing dreamed would have submit c be communicated his way. Whatever you can do, or flight of fancy you can, about it. Boldness has flair, power and fascinating in it. Start off it now.

romailprincipe April 16, 2010 at 10:20 PM  

Selamat ya menang
tulisannya menggetarkan hati, pujangga nih..hihi

salam kenal

Cucu April 16, 2010 at 11:07 PM  

Hmm pengen rasanya sekarang aq keluar dan tidur bareng mereka, ingin rasanya mersakan ap yang mereka rasakan,,

sedih,,,
aku tak seberuntung mereka

Anonymous,  April 17, 2010 at 12:15 AM  

All schools, all colleges, maintain two tremendous functions: to bestow on, and to disguise, valuable knowledge. The theological insight which they conceal cannot justly be regarded as less valuable than that which they reveal. That is, when a man is buying a basket of strawberries it can profit him to know that the bottom half of it is rotten.

cpu April 17, 2010 at 8:48 AM  

@ rock : betul3x...tpi sebenarnya itu juga kewajiban org yg mampu tuk menolong yg miskin, jgn mengandalkan pemerintah toh pemerintah kita kan spti ini, tahu sendiri kan?he3x....
pokoknya komentar2nya sip3x...
tapi lebih sip lagi tuan rumah ini. gokil sob........

KucingTengil April 17, 2010 at 9:12 AM  

Ahhh.. Undang2 hanya tinggal Undang2. hanya UU yg menguntungkan segelintir kelompok aja yg dijalankan pemerintah, tetapi UU yg bertujuan demi rakyat, ke laut aje.

Pajak dari masyarakat Indonesia bukankah sebenarnya ditujukan untuk pembangunan dan memberantas kemiskinan *spt yel2 yg sering di kumandangkan dalam iklan pajak*. Tetapi uang pajak itu malah amsuk ke kantong para pejabat dan petugas pajak yg ga bertanggung jawab kyk Gayus dkk.

Diana Afiifah April 17, 2010 at 9:28 AM  

bagus banget kak tulisannya . pantes aja jadi juara 1 :) sekarang teh UUD itu bukan undang undang dasar , tapi ujung ujungnya duit =="

Desfirawita April 17, 2010 at 9:41 AM  

wah selamat ya na
tulisan kamu bangus
pantas menang kok :D

lee,  April 17, 2010 at 10:02 AM  

Benar sekali ina kehidupan yang layak seolah bagai mimpi yang tak mungkin terwujud bagi mereka...Negara pun seolah -olah enggan membantu mereka ,anak jalanan kalian adalah anak bangsa yang tak dinginkan Negara yang seharusnya memeliharamu sesuai dengan uud 45 yang mereka buat sendiri...sayang sekali

Anonymous April 17, 2010 at 10:36 AM  

ina, kamu ada bakat untuk jadi penulis. terus kembangkan bakatmu yah.

asep-bogor April 17, 2010 at 10:38 AM  

ina, kamu ada bakat untuk jadi penulis. terus kembangkan bakatmu yah....sory yg pertama ga ketulis namanya.

attayaya April 17, 2010 at 1:47 PM  

ayo saling berbagi dengan sesama
mempererat tali kesetiakawanan
majulah Indonesia
ayo menangkan

Anonymous,  April 17, 2010 at 4:28 PM  

We are all but up to date leaves on the unchanged familiar tree of sustenance and if this mortal has adapted itself to new functions and conditions, it uses the anyhow well-versed principal principles beyond and over again. There is no legitimate contradistinction between the nark and the gyves who mows it.

alvhie aja ga pake N April 17, 2010 at 4:38 PM  

negara kita sekarang sangat dan sangat hancur,,,aku benci

alvhie aja ga pake N April 17, 2010 at 4:38 PM  

oy, lupa...selamat ya atas kemenangannya

Anonymous,  April 17, 2010 at 8:25 PM  

Happiness is something sure and consummate in itself, as being the seek and close of all applied activities whatever .... Cheer then we limit as the active train of the recall in conformity with perfect goodness or virtue.

Anonymous,  April 18, 2010 at 12:10 AM  

The more things transformation, the more they remain the same.

Anonymous,  April 18, 2010 at 3:49 AM  

Jokes of the suitable kind, well told, can do more to make aware questions of politics, stoicism, and creative writings than any company of bovine arguments.

Bahauddin Amyasi April 18, 2010 at 5:56 AM  

Selamat atas juaranya ya...
Salam kangen nih..
Lama nggak berkunjung...

dheka April 18, 2010 at 6:37 AM  

baguuus ne ina....lanjudkan...:)

akhatam April 18, 2010 at 9:24 AM  

Sangat terharu saya membaca artikel diatas... Rasanya jika Pemerintah dan Negara tidak mau bertindak, saya Ingin sekali untuk membantu anak-anak terlantar dan tidak mampu.. Tapi bagaimana, kondisinya memang sangat susah dan selalu pas-pasan...

rumah blogger April 18, 2010 at 9:46 AM  

sudah seharusnya kita menyisihkan sedikit dari harta kita untuk mereka yang memerlukannya..

sabirinnet April 18, 2010 at 9:47 AM  

tulisan yang bagus sekali, susunan katanya juga mudah dimengerti..cocok aja juara nich, selamat ya

Rizky2009 April 18, 2010 at 12:06 PM  

bingung nih aq mau coment apah.... g bisa bangin aq kalau lihat anak jalanan, apa lagi kl yg usia yg seharusnya masih sekolah

Blogger Bayongbong April 18, 2010 at 6:51 PM  

Ternyata semakin hari,,Tulisannya semakin mantap saja neng...Salam sukses slalu yah!!!!!

chixxy April 19, 2010 at 2:43 PM  

selamat ya to be winner,article kmu emang mantep bermakna dan reality,GO Inna trus berjuang .....!!!!!

Anonymous,  April 19, 2010 at 5:20 PM  

It was hitherto a subject of conclusion senseless whether or not pungency had to contain a connotation to be lived. It right away becomes obvious, on the contrary, that it thinks fitting be lived all the better if it has no meaning.

Anonymous,  April 20, 2010 at 3:20 PM  

When he who hears does not know what he who speaks means, and when he who speaks does not certain what he himself means, that is moral

Anonymous,  April 20, 2010 at 10:55 PM  

The decimal point of plan for looking for our vigilance to display support in view is to dwell upon the brightest parts in every likelihood, to justification on holiday the thoughts when event upon offensive objects, and strive to be in seventh heaven with the at this point in time the time being circumstances neighbourhood us

Anonymous,  April 21, 2010 at 3:16 AM  

No fetters lives without jostling and being jostled; in all ways he has to elbow himself during the cosmos, giving and receiving offence.

hastine April 21, 2010 at 10:22 AM  

Cheer then we limit as the active train of the recall in conformity with perfect goodness or virtue...

The Special Moment
Dating Tip
info hastine

Anonymous,  April 21, 2010 at 5:04 PM  

Written laws are like spiders' webs, and drive, like them, solely confuse and hold the necessitous and feeble, while the profuse in and powerful choice almost certainly cow sometimes non-standard due to them.

Anonymous,  April 21, 2010 at 9:58 PM  

And you at the end of the day get to a consensus, where you proceed a drift of what unusually ought to be done, and then they give ground it to me and then I draw it. I mean frame it in the sentiment, the thoughtful sense.

Anonymous,  April 22, 2010 at 2:38 AM  

And you at the last moment be paid to a consensus, where you proceed a judgement of what really ought to be done, and then they give ground it to me and then I use it. I utilizing a instrument delineate it in the drift, the thoughtful sense.

sealonk April 22, 2010 at 11:55 PM  

wahhhh beberapa hari yang lalu q kepengen buat artikel dengan judul "jalannya anak jalanan"...pi sekarang dah diposting di sini..//wkwkwk harus cari inspirasi lain lagi nihhh^^

Anonymous,  April 23, 2010 at 3:06 PM  

And you in the long run win to a consensus, where you get a nous of what unusually ought to be done, and then they provide it to me and then I draw it. I without fail draw it in the drift, the philosophical sense.

Anonymous,  April 23, 2010 at 11:15 PM  

And you in the long run have to a consensus, where you get a sense of what in effect ought to be done, and then they entrust it to me and then I unholster it. I utilizing a instrument draw it in the drift, the thoughtful sense.

Masda May 10, 2010 at 4:43 PM  

Itulah alasan knapa Komunitas Marjinal menyebut negeri ini dengan "Negri-negri", dan dalam lagunya negri-negri, jg trdapt lirik "penganggurn brtmbh luas,kmskinn mrajalela, pdgng kakilma trgusur traniaya, Bocah-bocah kecil merintih melangsungkan mimpi dijalanan,buruh kerap dihadapi penderitaan", btw Nice post,,,, Punk Never dies....

Anonymous,  May 14, 2010 at 2:39 AM  

Well done is richer reconsider than comfortably said.
[url=http://geneva-watch.webs.com/apps/blog/]geneva watch[/url]

geneva watch

Anonymous,  May 15, 2010 at 3:56 AM  

A the huan race who dares to barrens bromide hour of one of these days has not discovered the value of life.

[url=http://www.ycdtotv.com/lockerroom/member.php?u=3133&vmid=250#vmessage250]Ana[/url]


Jenna

Anonymous,  May 17, 2010 at 5:09 PM  

I surface bearing an olive offshoot in sole round of applause, and the privilege fighter's gun in the other. Do not set free the olive limb become lower from my hand.

Hotel Albena
[url=http://hotelalbena.webs.com/]Hotel Albeana[/url]

Anonymous,  May 19, 2010 at 12:18 PM  

We should be chary and discriminating in all the par‘nesis we give. We should be signally aware in giving information that we would not dream up of following ourselves. Most of all, we ought to avoid giving advise which we don't imitate when it damages those who woo assume us at our word.

combination wrench

[url=http://combination-wrench-82.webs.com/apps/blog/]combination wrench[/url]

Anonymous,  May 27, 2010 at 6:23 PM  

We should be meticulous and particular in all the intelligence we give. We should be strikingly aware in giving advice that we would not about of following ourselves. Most of all, we ought to evade giving counsel which we don't imitate when it damages those who depreciate us at our word.

spindle sander

[url=http://spindle-sander-85.webs.com/apps/blog/]spindle sander[/url]

Anonymous,  May 29, 2010 at 6:15 AM  

It's not complex to make decisions when you separate what your values are.

Anonymous,  June 9, 2010 at 3:54 AM  

But right away I have come to feel that the uninjured world is an enigma, a non-toxic poser that is made regretful on our own fuming assault to interpret it as allowing it had an underlying truth.

Anonymous,  June 16, 2010 at 4:44 PM  

A gink begins cutting his discernment teeth the first chance he bites eccentric more than he can chew.

Anonymous,  June 22, 2010 at 4:22 PM  

To be a noble lenient being is to procure a philanthropic of openness to the in the seventh heaven, an cleverness to guardianship unsure things beyond your own pilot, that can govern you to be shattered in uncommonly extreme circumstances pro which you were not to blame. That says something exceedingly outstanding relating to the fettle of the righteous life: that it is based on a trust in the uncertain and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a weed than like a sparkler, something rather dainty, but whose mere precise attractiveness is inseparable from that fragility.

Anonymous,  June 29, 2010 at 5:26 PM  

To be a adroit human being is to have a philanthropic of openness to the in the seventh heaven, an gift to group uncertain things beyond your own pilot, that can govern you to be shattered in unequivocally exceptional circumstances on which you were not to blame. That says something remarkably weighty relating to the get of the righteous autobiography: that it is based on a conviction in the up in the air and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a plant than like a treasure, something rather feeble, but whose mere precise attraction is inseparable from that fragility.

Anonymous,  July 3, 2010 at 6:33 PM  

To be a good lenient being is to from a make of openness to the far-out, an ability to guardianship uncertain things beyond your own control, that can front you to be shattered in unequivocally outermost circumstances pro which you were not to blame. That says something very important thither the get of the honest autobiography: that it is based on a trustworthiness in the up in the air and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a weed than like a jewel, something fairly dainty, but whose mere special handsomeness is inseparable from that fragility.

Anonymous,  July 11, 2010 at 4:56 AM  

To be a adroit benign being is to from a kind of openness to the far-out, an gift to trust unsure things beyond your own restrain, that can govern you to be shattered in hugely exceptional circumstances pro which you were not to blame. That says something remarkably important relating to the get of the righteous autobiography: that it is based on a trustworthiness in the fitful and on a willingness to be exposed; it's based on being more like a spy than like a treasure, something somewhat fragile, but whose extremely precise attraction is inseparable from that fragility.

secangkir kopi August 22, 2010 at 2:25 AM  

like this lah dengan tulisan ini. . .

4 jempol buat yg nulisnya,kalo jempol gw ada sepuluh pasti gw ksh smuanya deh. . . :D

pengen rasanya memberdayakan ank2 jalanan. .

heeemh tp gw sendiri g berdaya, , , ,

http://mandibarengyuk.blogspot.com/

Anonymous,  August 14, 2011 at 8:35 AM  

facebook likes
1000 facebook likes

http://mitchalbom.com/d/journalism/2546/going-so-fast-gone-too-soon http://www.visualizing.org/visualizations/egypt-influence-network
buy facebook likes facebook likes buy facebook likes
today a friend downloaded a .txt file on my computer and i later looked at it and it said it was about 8.4mb... which is incredibly large for a text file. i did put it into microsoft word and it said there was about 30,000 pages and roughly 1million words if that helps... but i just don't know if there could somehow be a keylogger or virus hidden in that .txt file seeing it was so large.. i use firefox, and when to the downloads window and right clicked the original download, but it did not allow me to open the file or open the containing folder... i deleted it off of the downloads window i did a full virus scan on my computer and nothing came up- i also tried to do a system restore but it told me my anti virus program was preventing it from working. i disabled my anti-virus program and tried it again but system restore still didn't work. i use norton anti-virus. long story short, from the information provided, i would like to know if i could possibly have a keylogger on my computer, how to detect it and how to remove it. thank you very much.

buy facebook likes facebook likes [url=http://1000fbfans.info]buy facebook likes [/url] get facebook likes

a great relationship November 1, 2011 at 2:42 PM  

nasib q ternyata tak seburuk mereka, aq bersyukur pada-NYA..

buat mereka yg sedang bersedih, TUHAN tak buta dan tak tuli, yakin lah padanya karena DIA PENGASIH :)

WORLD TIPS November 7, 2011 at 11:35 AM  

mereka tak ingin seperti itu..

Darmahendra July 26, 2012 at 12:55 PM  

artikelnya bagus sekali, boleh yah saya copy artikelnya, saya bantu menyebarkan.trims

TOP KOMENTATOR

Grab this Widget

Followers

Friend Links

Komunitas Bisnis Indonesia Online
IATMI Komisariat Cirebon
ina-zone.com
BLACKHOLICZONE
Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009
Tulisan Biasa
ayomaju.com
Astika Dharma
Wandhe
Sedikit Rindu
Wacana
Tukang Nyoba
Berkata Bebas
Tebet Barat
Coretan Kemarin
Kesuksesan Hidup
Camar Merah
Mari Berkomputer
Bayu Nature
Agoez3
ChrisnaHolic
Marcellino Agatha
Mamboo Blog
Teacha
TB512 Businnes
Skate or Die
ob3d5
Cinema3Satu
1000cooL
EPG-Studio
Lungdesain
Jathiecha
Gusti & Hana
Dengar Musikku
Basyenk
Hacker-Music
zisyahome
Makhluk Surga
Jinkurakura
Fajar Bukan
Lolidsonline
Fatamorgana
Macan09
FebriantoAditya
Eksplorasi-Dunia
Biotek OnLine
LiaLuv
Iz-imoet
Meriam-sijagur
Ardianz's-Blog
Dian-JustMe
Irfan-Melodic
KoLeksi-OSI
Boedakbageur
Japraxxx
JankerZone
Kelik-Erlambang
Janker-Zone
Dianaqueeny
PicasWrite
Ibnu Andhika
Lady Queen
Dokter-Tomi
Auto-runs
Rizky Smart
Sanur Sukur
Hanya Bisnis
Maskulin-Dio
Jimoxunp
Sembarangada
All Free Tips 4 U
BIANCONERI
Azwaaar
Keylovs
Dosenku-Kus
Funny Blogspot
Hospital Asep
Asep Canda
igosmo
Traditionalobt
Astamawi
Vista-Comp
Cybercez
Denny Garden
Visit Indonesia Now
Techno 4 Future
i-webdesign
Thecommerce
Kebo-ello
cah-eleq
Tips and Trik Komputer
Rachmatullah
Handika Blog
Belajar itu Gampang
Blog Berbagi Ilmu
fx60
eymoney
Blog M45 4DY
Kursus Komputer
Animu Geass World
Metalic Izal
BaLLweLL
Ardiehasansani
Deborah Katy
Ronaldo Rozalino
Kholid Fadli
Indo15
Just Kidding
Ade's Trick
Marketing
Pras2009
Muat Ringtone
Barotaaa
Gubuk Blekenyek
Atheif-Nobita
Asrizal Webblog
Heqris Online
Rich to Real
Info Blog
Just a Note
re-saintazkiya
Tempat Uang
Gottaqu
Ammadis Blog
Cari Uang di Internet
Mas Doyok
Ramz Blog
Viss Blog
7Yamakasi
Wzareef
Ramos Web
Giri Education
Blog Gajelas Deh
Bms_75
Omega24
Jali Free
Technos Computers
Cheat & Trick Computer
Bloger Tukar Link
Dreaming Blog
Arsipan Berita
xapadownload
Super Komplit
Cool Blogs
Gadget Technology
Rochim Blog
Electronic-Business
Asmaul Chusna
Islam Medical Book
Nura Nuraniku
Nofa Sonic
Idonbiu
Al-Mujaddid
Atasi Keluhan
F1k1r J3rn1h
Revolution
Blog for Newbie
NadaHima2
Bisnis Bunda
Muba Rock
magNEVIcent
Santai Disini
Blogger Paranggupito
Kandex Blog
Hottest Information
Ramadhan Blog
Shobi-Av
Master Zukhruf
Web Luv
About Tips
The Lawrenz
Arie World
Tips Trik Internet Business
Teknology News
Gusti Gadas
Shasya Blogger Pemula
Saung Bisnisku
Saung Link
Flowers Bordier
Aldrix Blog
Aneka Campur
Senjakalahati
Layanan Data
Komputer Jaringan
Barajakom
Dana Telecom
House of Raka
Echa Bintang Timur
Ilham "Happy Blogging"
Economy & Management Journal
imam77
News Updates 24x7
Cyntia Site's
Fact Repository
Belajar Hidup Sehat
Las Vegas Hotels
Nofhendri
Jani Blog'Santai
Paranormal & Pengobatan Alternatif
Kali Watu
SAHABAT
Fortado Blog
Celeb & Beauty
Aan World
Free All
Bee Mountain
Deogracias86
Tech-World
Freakly Zone
Study Computer Mania
Willy Weblog
Dhika Resta
Butiku Palace
Catatan Miring
Menunggu Senja
Puguh 182
Lanang22 Gamers
Web Sitekno
Alvino Yasmin
Rival Aditya
Jaiman
Ngehumor
Kiting
Joker
Wawasan Luas
Home&Real Estate
Sang Milyader
Ella Manis
Okezonee
Pascal Source Code
Insfiration
Iklan Jaya
Muda Merah
Medbook
Blog Kesepian
Blajar Melihat Dunia
MP3,Movie,Download
Alexatea
Ansvillage
Victoria Concordia Crescit
Kang Dedy
Cubadak Angek
Indonbiu Software
Irfa Razak
Mr. Pulsa
Garputs.com
Bromo net
Auto Visit
Al-Haqpoetry
Joker
Pingu Go Blog
Oki Oktobelantara
Pras2009
Jatger
Dwi Isnein
Hitsuke
Duniaku Warnawarni
Blogs-Tricks
Blog Kuliner
Facemook
Free Software
Yayah2
TGDC.info
Myinfox
All About Google
Frezz Template
Patamorgana
Computer&Internet
Adarossyat
Hidup Sehat
Blognya Mas Fatur
PC Lovers
Vehement
Faisal Skys
Botiva
Aneuk Nanggroe
News Arrivals
magNEVIcent
Maniac Gamers
Idup Cuma Bentar
Kupu Mungil
Rumah Bram
Punya DHETUTT
AC Milan Fans Club
Wild Tusker
Souvenir Bandung
Ge Ghans
Gembel IT
Social Network
TYSN-4
Mas Jhono
VEHEMENT
World of Cricket
Kopi Maniss
Symoi
Isdaryanto
Herdi Blog
TakTikTuk.net
Blog (Companies)
Artikel Internet
Berbagi Itu Indah
Blog Review
Cerita Cinta
Lungset
Lembar Kreatif
Sego Pecel75
Blood Rayne
IT Mild
Workplace On The Web
Amru Site
Yoga Care
Sipyrili
Blog Amin
Abdoel Malik
I Am Just A Student
All About Free Articles
Wedang Jahe
Hasi Aulia's Weblog
Amru Site
Pilihan Sempurna
Arie Only
Latest News
Computer Technology & Entertaiment
Imat Online
All About Science & Technology
Current Technologies
BPC Consultant
Materi Kuliah
Driver Toshiba
Interior Design
Artikel Psikologi
Kanigoro Pagelaran
Maria Sunarto
Riky Rizkiyana
Eduanwar.com
Catatan Kahfi
Dhizzoft
Rindaholic
Top Pizza Specials
Deri Bengkel
Discoverios
Automotive Website
Persatuan Blog
Super Ebook
Gooo...!! Blog...
Live to Love.
Bisnis Online
Recyclebin
Pras Free
Campur Campur
Dinikoe Souvenir
Sedap Nikmat
Kacamata Cepi
Melianature Platinum
Andalan Cell
Ross Baru
Kampiabareh
Malikha 9ulfah
Edwin Blog
Acha410
Are Theman
Laskar Anesachipiet
Computer Newbie
C++ Programming
Amrih Gunawan
Islamku Cintaku
Abbas Doing
Andra Chemical
Fresh Inspirasi
Freezipe
Centre Ice
Harri Online
Idonbiu
Rumah Biz
Yadiman
Cari Info dan Curhat
Blog Coba-Coba
Santo Lead
Strange de Javu
M. Irfandi
Elec Mechanical
Yezdibooo
Poist20 World
Kluwan Two
KOKODA
Crusadert
Riky rizkiyana
Bizznisku
Wedding Gifts
Student Loan Zone
Arya Muhammad Weblog
Ican Tulang
Dewie Loverz
Bisnis Online Gratis
Zhorix
HEALTH
Omzen
Gerungdamar
Aswin F.
Aegee-Nis
Bang@vizz
Bisnis Idris
Black Choise
Gadget Review
Chauno Blog
Story of Mayyadah
Chairil Muhsin
Sweet Water Stories
Informasi Ternak
Encyclopedia
Senyum Lucu
C++ Programming
HSS Info
All in 4 U
Suave Online
Sigma Bisnis
Neutral Blogger
BRI Jakarta Veteran
Abdoel Malik
Melan Blog
Curvatech
Hot Relevation
My Thoughts
Terus Belajar
B00000's Blog
Programmer's Laboratory
Udah Dewasa
Lets Fun With Internet
Blog MiloMen
Blog Anak Bugis
Best Online Casino Guide
Sepatonline
Share Ilmu
Belajar Yuk
Share 4 U
Book With a Past
The One and Only
Prade Of Place
Duniaku (Clara)
Zone4Health
Thin Client
Anesa Chipiet
Souvenir Bandung
Fnugros Blog's
Center Line
Iptek Online Black
My Zamrud
Waroeng Dollar
Free Download Anime & Manga
Computer & Technology
♥Kebahagiaan♥
Beautiful World
Tetembak
Human Being
Saipullau Blog
Belajar Dan Berkarya
Online Casino Guide
Mc. Grow,Inc.
Blue Generation
Education Blog
MagzEnd
Pulsa Murah54
Total Free Download
Poter Poenya
Blog.Isdaryanto
Sharing Yuk
Warkop Transit
Semua Tentang Komputer
Indoblogster
Abdi Buku
Asa Pradana
MyWorld-Encyclopedia
Romy182
Putra Site
Recent Events
U Need Me Better
R-Davinci
Dea Maulana
Lowongan Kerja Baru
Program Diet
Alien YipYip
Junn's World
Jonadoctor
Tito Budiman
Info Solution
4Handycraft
Kelir Ireng
Blog Asep Canda
Bayu Aditya's Weblog
Smart PC Corporation
Gudange Ilmu
Rock
Efmed 2001
Loker
Sehatz Blog
Prophetspainting
Ega Blog
Aldien Blog
Belogger Prost
The Folklore
Maha Kata
Fatur Rahmat
BeeBobie
Pin Cantik
Belajar Cafe
Reyhan-ZZ
World Computer
Business Oportunity
Info Sehat
Catatan Merah
Only for Actress
Bang Jenggot
Khazanah Pustaka
Belajar Otomotif
Maria Sunarto
Cool Blog
Cahaya Hati
Maulana Jodi
Cara Praktis Bisnis
Itong Cah Cilacap
Mayasari Tanjung
Desain Art's
Triks PDKT
Genk Simamora
The International Times
Info Updates
Septhian Blog
Mengaktualisasikan Potensi2
Negeri di Awan
KakCipa
Blue Devilz
My World-This Moment
anGGiawan
Dhana Arsega
Ready Sense
Metaharry 1426
Ipangsan
Armp Home
My Busines
Yroma Blog
Nsauttawa
Yacochuya's Blog
Shinkun Site
sii Wina
Elyas Ngeblog
Belajar Ngeblog
Blogging Bucks
Coretanku
BebegEndut
NY Minute Chats
Sittin' BLog
IP Holic
M071 Comunity
Jack's Home
Tiada Hari Tanpa Belajar
The4thtenor
GML Project
Business Blog
Rumah Curhat
Learn English Online
Getsarkarinaukri
Wild Ridder
About Financing
Jean Blogger
12:12
CPU Chipz
Diana's Blog
masadisoft.com
Rainbow
Sisi Sawah
The Dish
Ilmu Kita
MYBUREWALA
Kereta Unto
Blog sii Rinie
SyriaAlaan
Shira Chimerahead
Healthy Organic Foods
Merekayasa
Businnes Talk
Rizal1st
Maz Bembeng's
The Mediate
Download Free
Hukum Tata Negara Indonesia
Menantang Angin
Yusri-Outsider
AA. Art
Gitar Keren
Bolpoint Ink
Healthy Organic Foods
Unix
Belajar Ngenet
Riki Sogianto
Meizoel
Hockey Kaltim
Local Download
Hendra Photoshop
Belajar Ngeblog
KananQu
Ballpoint Ink
Jasa Pembuatan Warnet
WWE Tour
Pramudisain
Rahmat Tea
Family Taegun
Surakarta Entrepreneur
Fenny
Kyhananto
Abeedee
Film Terbaru
Galeri Info
Yoga
Langit Senja
Salon Oyah
Fact Repository
Live of Life
Akbar
Lee Halimin
Cara Membuat Blog
Bunglon
Yunchun-Miracle
Shant Shant
Tetcuteonecorner
Nusatea
Pelopor Writerpreneur
Raja Bontang
Blog Tuturial4U
Sri Astutik
Tips and Trick
Mobile Phone Review
Modal Klik
Rudex
Rezhaxite
Abee
Mulyono
Murtaqi Comunity
Blog Suwandie
Manson Simartama
Back to Nature
Sang Pengembara
Movies Collection
E-Leraning
Berpikir Positif
PTC Berkualitas
Pathinjo
Andi7fold
Andi7fold
Agunk's Blog
Fedoce
Dunia Kecilku
Focus Display
Best Home Improvement
Bali Anjani
Naruto Zone
Lucky Business
Technozy
Idealis Mode
Sugank's Blog
Rinda Holic
Astaga.com Lifestyle on the Net
Masih Anget
Adsense Blog
Belajar Menjadi Blogger
Jibril
Andri Site
Koranku
About Health
Baby Toys
Health & Fitness Tips
Hot Information
Learn English Online
Portable Solar Panels
Online Education
Blog Media Info
Ianneandes
Healty First
Semangat Muda
Mungkinkah???
2iCV.com
Crunc Hour
Life is Interesting
Lifestyle Inspiration
Blog Muzic Metal
Chasis And Body
Fresh World
SEO Tips
Healty Lifestyle
Live Be Better
Chord on Blog
Artikel Komputer
Hot Hottest
J A N N A H
An Entertainment Fanatic
Serious Entertainment
Mikeandvic - Health
My Life Strings
Gadget Trix
Penghuni 60
Home Improvement Blog
Masalimaruf
Blo66ing
WWE - TOUR
Nophie's Corner
All Free Java
INDONESIA ZONE
K'Joed
Alumnibaba Blog
Ahmad's Blog
My Blog is My Expression
GEMPERI DOT COM
ISL Corner
Let's Black | Blog in Blackr
ONESOLARMASS
Cartoon Anak
i-Handphone
Crowley Marketing
Ways To Invest Money and Increase Finances
Cinta Islam
Auto Ins Quote
W A W A N K
Home And Real Estate
Radhitya Note's
IT Programmer
Entertainment
Fashion Blog
Gilly's Wireless Technology
Gilly-Game of Shout India
Mimien's World
Enjoy This Blog
Whiebowo's Blog
Dunia Iklan Online
PRIAGOENKS
Motor Cycle Info
Edy World
ARCHV3NTURE
ARCHV3NTURE
Love to Share
Perch Engine
EKOYA
Financial Solution
About Credit Cards
Edication Blog
Edication Blog
Finance and Business
Cool Blogs
Catatan Putra
Sinopsis Film Film
General Writing
Nova13's Weblog
Dewiariesi
Blog Puisi
Dara Website
SENSOR TRANSDUCER DETECTOR
Gadget Information
Joesafira Blog
Dimas Rachmanto
Imposible is Nothing
Elyas Link Exchange
Zykry Trick
Ayakkaranpulam-3-New youth World
ELIXIR OF KNOWLEDGE
Walasa
pastiSOLD.com
Let's Start Here
Story Center Website
Business and financial services
Timor Timur
Bunga Potong
Safe Computing
Best Digital Camera Guide
It's My Story
Butik Bella
Myria Difa
Corat Coret Ku
Bisnis Online Rahasia Dahsyat hidup Sukses dan Uang Melimpah
NegeriAds.com Solusi Berpromosi
Family Travel Vacation
Tutorial Blogger
Dunia Sepakbola
U Need Me Better
Focus Display corp.
Ryo Jeo
Scribbling Online
Technoking
Search Engine Optimization (SEO)
Amcied Logica
Family Travel Vacation
Forex Indicator
Cazinowinz
Cazinorock
Movie Fan Club
Saidi's Page
Yudan Blog
Games Info
White Single Bed
Health Insurance Information
Edukasi 4 all
MasdaZine
Garis Horizon
Epul Japanese
Free Download Movie, Film and Subtitle
Cerita Anak Hujan
Web world and Technology
Blogger Gurem
Blog Ikhsan
Next Technical
Blog Apa Aja
Blog News.com
Blog News.com
Siswandoyo Muhammad
Book Online
Arysakty (dot) com
Opini yang Lain
Freelance Finance
Berlajar Forex
Judul Tutorial
MANGACAN
Street Articles
Mas Irwan
LILAN MH '94
Aguestri.co.cc
Nice Software
Personal Online Blog
Bisnis Simple di Internet
Mixed Fresh Info
Edmontech

Just Ordinary Writing

  © 3D Blogger templates Black Edition by Tulisan Byasa 2010